15 December 2010

Orang juga bisa ditilang di Sydney

Pagi ini Ola Oli menunggu bus di depan halte Central, setelah busnya sudah datang, Ola Oli naik, langsung memasukkan kartu my bus 1 travel ten masing- masing ke mesin tiket, lalu Ola Oli memilih tempat duduk agak dibelakang karena kita turun di halte Marricville dan bisanya bus sudah sepi penumpang pada saat sampai disana.

tiket bus dan kereta

Sampe di halte Enmore kok bus-busnya di stop dan banyak polisi disana, termasuk juga bus Ola Oli di stop, wah gawat nih ada apan yah......?
Semua penumpang di cek tiketnya, Ola Oli memperlihatkan tiket kami masing-masing, wah gawat kita berdua disuruh turun bus!  What..... spooky...


Polisi cewe meriksa kartu saya dan langsung meminta tanda pengenal, lalu dia mengeluarkan buku kecil disakunya, lalu menulis nama lengkap dan alamat saya. Dia bertanya sudah berapa bulan kamu tinggal di sini, saya bilang baru 4 bulan. Polisi itu bilang kamu menggunakan kartu bus yang salah, seharusnya kamu menggunakan my bus 2, lain kali kamu harus menggunakan my bus 2 atau kalau tidak kamu akan ditilang. Mana gue tau musti pake my bus 2, di websitenya aja kaga ada petunjuknya dari mana kemana musti pake my bus yang mane... dasar polisi edan...

Abis aku beres sama si polisi itu, aku menghampiri si Oli... ditanganin sama polisi cowo, aku tanya si Oli, gimana? Katanya dia langsung dikasih surat tilang sama kartu my bus 1-nya diambil... aku tanya ditilang berapa, seratus dollar!  Kok gw gak ditilang, trus saya ngomong sama polisinya kenapa si Oli ditilang, eh polisinya ngeyel... katanya saya sudah bicara sama dia, intinya saya udah gak usah ikut campur lagi, spooky juga tuh polisi mana badannya gede lagi, botak pake kaca mata item lagi, sekali dihantem gw mental kali :(

surat tilang

Yaudalah kata si Oli lagiankan kita yang salah, yaudah.. lagian rese amad tu polisi baru sekali melakukan kesalahan langsung ditilang, orang kan disini banyak pendatang mana bisa lagi langsung tau jarak dari rumahnya ke tempat yang mau dia tuju berapa kilometer! Sama tau pake kartu apa... oon juga tuh polisi, bukan di edukasi dulu orangnya, kalo kedua kali kena, baru ditilang... payah

Gara-gara tiket Olinya diambil terpaksa deh kita jalan sampe ke Marricville, untung udah gak jauh.
Ada positif sama negatifnya juga nih negara, positifnya tertib dan disiplin, negatifnya peta sistem transportasinya kadang membingungkan kita harus pake kartu yang mana bingung....???

bus-kereta-ferry

Sistem transportasi di Sydney ada 3, bus, kereta dan ferry
Kalau mau naik ketiga transportasi itu harus punya kartu yang bisanya bisa dibeli di mini market kalau untuk bus,  untuk kereta api di stasiun dan ferry di terminal ferry.

Jenis kartunya pun bermacam-macam
My bus 1 – 3 satu kali jalan atau my bus 1 – 3 untuk 10 kali jalan
My train sekali jalan atau mau yang mingguan
My ferry 1 – 2
Ada lagi tiket namanya Multi 1 – 3, tiket yang ini bisa menggunakan seluruh transportasi tersedia daily, weekly, monthly (28 days), quarterly (90 days) or yearly travel

Kalo bingung dan supaya gak kena tilang, musti sering-sering liat website official transportasi Sydney disini nih  http://www.131500.com.au

0 comments:

Post a Comment