20 September 2010

Tempat Nenek Sihir Berada


Hari selasa tanggal enam belas september Ola Oli apply kerjaan jadi car washer. Kerjaan ini dapetnya dari situs pencarian kerja namanya my career, kalo di Indo seperti Jobstreet atau JobsDB gitu deh. Hari minggu Ola dapat telepon dari seorang cewe pemilik car wash tersebut dan diminta dateng ketempatnya. Supaya jelas si pemilik mengirimkan email yang isinya:
" please come to....shoppingcenter...address.....
enter via carpark next to....bank. walk down past....university and continue until you get to....chicken store. once you reach there turn left continue to walk until you get to ....bank then enter the car park, come tomorrow (monday morning) at 10am thanks "
Gak disangka-sangka ternyata  si pemilik  juga mengirimkan email yang sama ke email Oli, jadi barenglah Ola Oli datengin car wash itu. 

Setelah muter-muter naik turun carpark shopping center dan hampir aja nyerah, keluarlah Ola Oli dari carpark tersebut menuju jalan samping yang dan nemuin  tempat masuk carpark dari sisi jalan lain. 

Ketemu dengan pemilik carpark cewe tinggi setinggi kami,  bule asli Australia keliatannya sih ramah, rambut kriwil alis keriting panjang dan berkulit putih. Kami diminta ngisi form, biasa form isinya biodata, seperti nomor paspor, nomor pajak, alamat, dll. Ternyata ada notenya dibawah form, tertulis disana bahwa lima jam pertama kita tidak dibayar karena dihitung training, rugi juga ya, terpaksa tapi kan Dola Doli lagi butuh kerjaan. Form semua diisi lalu dikasi ke si pemilik tadi, dia bilang gaji kita duabelas dollar/hour. 

Sambil nunggu mobil yang dicuci dia mengajak ngobrol Ola Oli, dia tanya asal kami dari mana, uda berapa lama di Sydney, pakai visa apa, dll. Dia juga cerita saudaranya ada yang di Bali kalo gak salah. Seudah ngobrol-ngobrol kami diminta ngebersihin mobil, dikenalin dengan teman kerja namanya varel (bukan nama asli) katanya dia juga dari Indo. Wah seneng banget dapat temen kerja dari Indo. 


Si pemilik bilang kalo pekerja cewe kebanyakan dia kasi kerjaan nge-vacum soalnya kalo nyuci katanya lebih berat. Mulai deh diajarin ngebersihin mobil pertama diminta ngeringin mobil, sehabis para pekerja cowo nyuci mobil terus dialihkan ke kami untuk ngering-in mobil. 

Cara mengeringkan mobilnya pakai kain kalo di Indo namanya Kanebo yang warnanya kuning itu, mulai dari atas mobil kain dilebarin terus kain diseret supaya air-airnya meresap ke kain, lalu kain diperas begitu selanjutnya sampai semua body mobil kering, jangan lupa bagian dalam body yang tertutup pintu juga dilap.


Setelah mengeringkan mobil lanjut ke vacum mobil, pertama angkat dulu karpet-karpetnya ditepuk-tepuk terus divacum sesudah itu lanjut ke bagian dalem mobil semua divacum sampai bersih. 

Sehabis ngevacum lanjut ngerjain window, jendela-jendela kaca yang tadi udah dikeringin disemprot dengan air (putih biasa) lalu dilap sampai airnya tidak ada, baik kaca luar maupun dalam. 

Selajutnya ngewax body dalem, semprot cairan wax ke dashboard, semua bagian yang dilapisi kulit, fiber dan juga kursi kalau dilapisi kulit lalu dilap. Sehabis ngewax body dalem lanjut ngewax roda-roda mobil, semprot cairan wax lalu lap kalo pleknya kotor juga dilap dibersihin. Selama prosesnya disenandungkan kata quick....quick...dari si pemilik carwash menekan kita supaya bekerja cepat. Stresss....




Kalau mobil-mobil udah beres dicuci biasanya kita disuruh istirahat. Sebelum kita beres sudah ada beberapa orang pekerja lagi yang dateng. Disini pekerjanya dateng lain-lain waktunya karena partimer mereka kebanyakan sekolah dulu baru dateng kerja. Setelah tidak berapa lama kami disuruh pulang, karena baru hari pertama dan masih training.


Keesokan harinya Oli dateng sendiri buat kerja disini karena Ola ada kerjaan lain di tempat katering. Setelah beberapa lama ngobrol-ngobrol dengan temen-temen sekerja baru tau ternyata si pemilik carwash ini orangnya gila..suka marah-marah, pertama saja mukanya manis padahal orangnya pshico, dan ternyata kalau kita kerja baru dibayar, kalau kita istirahat tidak dibayar. Rugi di kita kalau lagi tidak ada mobil yang dateng untuk dicuci berarti kita gak dapat penghasilan. Parahnya si pemilik tidak memberi tahu bahwa sistem gajinya seperti itu.  


Disini kita bisa liat mobil-mobil keren yang keluar masuk buat dicuci pokoknya semua mobil keren yang jarang diliat di Indo kita bisa liat disini, mantap pokoknya. Ada oma-oma dateng buat nyuci minicooper-nya, gile bayangin...oma-oma! naek mini copeer merah gaul gak tuh...!




Uda empat hari kerja disana, hari kelima hari ini gak masuk...males ngadepin boss kaya gitu...


Ola Oli cuma tahan satu minggu. Kerjaannya sih enak ga berat tapi berat di mental. Temen-temennya juga enak, yah gajinya biarpun diitung cuman kalo kita kerja aja sebenernya gak apa-apa. Tapi gak kuatnya bosnya tuh kaya nenek sihir. Kalo ngomong asal cuap aja ha....udah kaya nenek sihir..

Gaji ditahan katanya mau dibayar hari rabu tapi si pemilik boong, gaji tetap gak dikasi dan disuruh dateng lagi hari sabtu.  Dateng hari sabtu si pemilik udah pulang, kabur dia gak mau ngasi gaji. Minggu depan disuruh dateng lagi, kami dateng tapi sebelumnnya udah menyiapkan rencana. Ola Oli akan merekam semua pembicaraan si nenek sihir...

Kami dateng...sampe di tempat kami ketemu beberapa pekerja lain yang dulunya pernah bekerja disana juga dan datang bersama-sama untuk menuntut gaji mereka, agak lega juga banyak yang senasib, kira-kira total ada sepuluh orang. Nunggu beberapa saat sambil nyiapin handphone untuk ngerekam si pemilik...gak lama datang bareng suaminya... 

Ola Oli dipanggil terakhir masuk dengan cepet-cepet menyiapkan hp untuk merekam. Si pemilik (nenek sihir) melihat Ola memasukkan hp ke kantong baju, sepertinya dia tau kami ngerekam pembicaraan tersebut dan dia sepertinya takut. 

Kami tanya tentang gaji kenapa gak diberikan sesuai jam kami masuk dan mereka jawab itu adalah lucu bila kita tidak bekerja tapi dibayar. Kami tetap bersikeras kenapa mereka tidak memberi tahukan sistemnya seperti itu. Tapi mereka tetap keu-keuh dengan keputusan mereka, keliatannya si nenek sihir agak menge-rem kata-katanya karena tau kami merekam pembicaraan tersebut, padahal biasanya omongannya selalu kasar. Kami diminta nyerahin fotocopy TFN dan pasport, kami saat itu tidak membawanya karena kami takutnya tuh copy-an dibuat yang engga-engga padahal mereka gak pake pajak juga. Mereka minta kami datang lagi minggu depan dan nyerahin fotocopynya baru mereka akan kasi gaji kami. 

Minggu depannya kami dateng lagi dan dengan tidak bersitegang lagi mereka kasi gaji kami. Kali ini suaminya si pemilik yang memberikannya pada kami, sedangkan si nenek sihir pulang duluan. Sepertinya mereka takut kami mempermasalahkannya lagi dan mengadukan mereka. Gerr..case closed...

2 comments: